Profil PPID

SELAYANG PANDANG
PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI
KABUPATEN CILACAP

Dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang¬undangan. Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik. Keberadaan Undang-¬undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan

  1. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi;
  2. Kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana;
  3. Pengecualian bersifat ketat dan terbatas;
  4. Kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Lingkup Badan Publik dalam Undang-undang ini meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan mencakup pula organisasi nonpemerintah, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, seperti lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, serta organisasi lainnya yang mengelola atau menggunakan dana yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN/APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri. Sesuai dengan amanat pasal 13 UU No.14 Tahun 2008, Kementerian Komunikasi sebagai salah satu Badan Publik telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Bupati Cilacap Nomor : 555/400/17/TAHUN 2011 Tanggal 11 Agustus 2011 Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Cilacap. Dengan terbentuknya PPID Kabupaten Cilacap pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi public yang dihasilkan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 14 Tahun 2008. PPID Kabupaten Cilacap.

Sekretariat :
Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap
Jalan MT Haryono Nomor 29 Cilacap 53132;
Telp : (0282) 534725 Fax: (0282) 538181;
website ; ppid.cilacapkab.go.id
e-mail : ppid.cilacapkab.go.id.

 

 

LAMPIRAN KEPUTUSAN BUPATI CILACAP
NOMOR : 555/400/17/TAHUN 2011, TANGGAL 11 AGUSTUS 2011

SUSUNAN KEANGGOTAAN
PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)
DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

NO

JABATAN DALAM KEDINASAN

KEDUDUKAN DALAM PPID

1

Bupati Cilacap

Pembina

2

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap

Pembina

3

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

4

Kepala Bidang Komunikasi dan Infromatika pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap

Sekretaris

5

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Cilacap

Bidang Pengelolaan dan pelayanan Informasi

6

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Cilacap

Bidang fasilitasi Penyelesaian Senketa Informasi

7

Kepala Bidang Arsip pada Badan Pendidikan, Pelatihan, Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap

Bidang Dokumentasi dan Arsip

SUSUNAN KEANGGOTAAN SEKRETARIAT
PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)
DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

NO

JABATAN DALAM KEDINASAN

KEDUDUKAN DALAM PPID

1

Kasubbag Analisis dan Kemitraan Media pada bagian Humas Setda Kabupaten Cilacap

Staf Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi

2

Kasubbag Publikasi dan Dokemntasi pada bagian Humas Setda Kabupaten Cilacap

Staf Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi

3

Kasi Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap

Staf Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi

4

Kasubbag Perundang-undangan pada Bagian Hukum Setda Kabupaten Cilacap

Staf Bidang fasilitasi Penyelesaian Sengketa Informasi

5

Kasubbag Dokumentasi dan Pengkajian dan Penelaahan Hukum pada Bagian Hukum Setda Kabupaten Cilacap

Staf Bidang fasilitasi Penyelesaian Sengketa Informasi

6

Kasubbag bantuan Hukum dan hak Asasi manusia pada Bagian Hukum Setda Kabupaten Cilacap

Staf Bidang fasilitasi Penyelesaian Sengketa Informasi

7

Kasubid Pembinaan dan Pengembangan Arsip pada Badan Pendidikan, Pelatihan, arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap

Staf Bidang Dokumentasi dan Arsip

8

Kasubid Penyelamatan dan Kelestarian Arsip pada Badan Pendidikan, Pelatihan, Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap

Staf Bidang Dokumentasi dan Arsip

9

Kasi Informatika pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap

Staf Bidang Dokumentasi dan Arsip